artikel

21 Apr 2017

Pola Makan 3J Bagi Penyandang Prediabetes

Prediabetes adalah suatu keadaan dimana kadar glukosa, atau gula darah, di atas kadar normal tapi masih di bawah batasan kadar gula darah untuk diagnosis diabetes. Hasil pemeriksaan kadar gula darah setelah puasa sekitar 8-10 jam antara 100-125 mg/dL, atau kadar glukosa darah 2 jam paska puasa glukosa 75 gram antara 140-199 mg/dL. Kalau sudah 200 mg/dl, itu sudah diabetes.

Berdasarkan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi kedokteran (iptekdok) terungkap bahwa pola hidup tidak sehat merupakan penyebab prediabetes dan juga berbagai penyakit berat kelompok penyakit tidak menular (PTM) seperti gangguan jantung, stroke, hipertensi dan diabetes.

Penyandang prediabetes sebaiknya memperhatikan pola makan sesuai 3 J, yaitu tepat jumlah, tepat jenis dan tepat jadwal:

Tepat jumlah. Mengukur kebutuhan kalori dan menyesuaikannya dengan makanan yang dikonsumsi. Untuk dewasa, kebutuhannya adalah 2.000 hingga 2.200 kalori per hari.

Tepat jenis. Memperhatikan nutrisi makanan sesuai kebutuhan dan pengaruhnya pada kecepatan peningkatan gula darah. Makanan dengan kandungan gula tinggi (nilai Indeks Glikemik lebih dari 70), mudah meningkatkan kadar gula dalam darah. Karena itu, makanan dengan karbohidrat sederhana, seperti nasi dan roti putih, sebaiknya dihindari. Seseorang dengan kondisi prediabetes sebaiknya mengonsumsi makanan dengan kandungan gula rendah (nilai Indeks Glikemik kurang dari 55), atau makanan dengan kandungan gula sedang (nilai Indeks Glikemik antara 56-69). Makanan dengan kandungan gula rendah ada pada buah dan sayur. Sedangkan kandungan gula sedang ada di dalam beras merah dan oat.

Tepat jadwal. Melakukan kegiatan makan sesuai jadwal agar asupan gula sesuai dengan program kegiatan. Pola makan tidak teratur dapat membuat asupan gula darah ber? uktuasi naik turun secara ekstrim, yang dapat mengacaukan kerja insulin.

Selain itu, dengan pola makan sehat dan rajin berolahraga akan mencegah terjadinya diabetes.