artikel

15 May 2017

15 Langkah Bijak Agar Terhindar Obesitas

Cara bijak mengatur berat badan, yang pertama adalah menerapkan pola makan yang tepat. Dr. Gatut Semiardji, SpPD-KEMD, dokter spesialis penyakit dalam dan staf akademik Divisi Metabolik Endokrinologi Ilmu Penyakit Dalam FKUI/RSCM, Jakarta, memberikan tips panduan pola makan pintar sebagai berikut:

  1. Makanlah tiga kali sehari dalam jumlah cukup. Jangan menghindari sarapan pagi, agar tidak makan berlebihan nantinya pada siang hari.
  2. Konsumsi lebih banyak buah, sayuran, padi-padian utuh dan sereal.
  3. Kurangi camilan tinggi lemak dan makanan cepat saji (fast food), seperti hamburger, hot dog, yang tinggi lemak dan kentang goreng.
  4. Jangan makan terburu-buru, santai saja dan nikmati setiap suapan.
  5. Biasakan makan teratur pada waktunya.
  6. Minum segelas air sebelum mulai makan.
  7. Mulailah santapan Anda dengan sup rendah lemak atau salad.
  8. Perhatikan ukuran porsi makanan, gunakan piring yang lebih kecil.
  9. Bereskan meja sesegera mungkin setelah makan. Hindari godaan menghabiskan makanan yang tersisa dengan alasan sayang bila terbuang.
  10. Baca label makanan olahan pabrik dan pilihlah yang mengandung lemak kurang dari 10 gram per 100 gram makanan itu (kandungan lemaknya kurang dari 10%).
  11. Jika menggunakan mentega atau margarin untuk roti, oleskan tipis-tipis saja.
  12. Pilih alternatif makanan yang rendah lemak, misalnya susu rendah lemak.
  13. Batasi konsumsi daging berlemak.
  14. Buang semua lemak pada daging, sisihkan kulit ayam.
  15. Pilih cara memasak dengan dibakar atau direbus, daripada digoreng.